iklan

Agar SEO Lebih Mudah, Gunakan Ini

Mudahnya belajar SEO. Ya begitulah, dunia internet memang tak akan pernah lepas dari SEO. Apalagi Anda selalu berkutat dengan kepengurusan website apapun jenisnya. Selain juga SEO merupakan bagian penting dari Internet Marketing. Dan tak sedikit pula yang berani membayar mahal untuk jasa seorang profesional SEO. Waduh sudah seperti pakar aja nih ngomongnya !! Kalau posting kemarin seperti pakar hacker, lah sekarang seperti pakar SEO. Jadi pakar-pakaran donk.
Yang pasti saya bukan pakar SEO maupun pakar hacker. Saya hanya belajar dan terus belajar. Ambil yang baik dan berguna, sisanya biarkan menumpuk di kepala. ( Curhat, mode on )Oke balik ke topik ya, SEO yang merupakan kependekan dari Search Engine Optimation adalah serangkaian tindakan guna menempatkan website tertentu berada pada posisi terbaik pada halaman hasil pencari (SERP) dengan kata kunci yang ditargetkan baik Search Engine Google, Yahoo, Bing, Baidu, Ask dan lain-lain. KIra-kira seperti itulah penafsiran Mr Bho tentang SEO.

Hubungan SEO dengan artikel ini adalah saya menjadikan SEO agar lebih mudah (menurut saya) dengan cara menggunakan add on untuk Mozilla Firefox. Itulah sebabnya mengapa saya kerap menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser internet utama. Dengan memasang add on, Mozilla Firefox yang saya gunakan dapat menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Add on sendiri banyak jenis dan fungsinya namun dalam hal ini saya menggunakan SEO untuk menunjang kegiatan SEO. Mungkin akan berguna bagi Anda yang baru belajar SEO atau para master SEO juga boleh menambahkan.

  • Search Status (Do Follow atau No Follow)
  • Dari beberapa pakar SEO, 99 %-nya menyatakan keberhasilan besar SEO ditentukan oleh backlink. Untuk backlink, saya terfokus pada backlink beratribut do follow (merujuk) ketimbang no follow (tidak merujuk). walau link dengan atribut do follow langsung memerintahkan perhitungan, namun dalam pengalaman saya, backlink dengan atribut no follow pun tetap diperhitungkan asalkan sumbernya relevan dengan keyword yang kita bidik.

    Pada Mozilla Frefox standar kita memang bisa memeriksa status dari sebuah link dengan cara meng-klik kanan link yang dimaksud kemudian klik properties. Atributnya dapat terlihat pada baris Relation. Hal ini mungkin tak akan menimbulkan masalah jika kita memeriksa satu atau dua buah link. Namun apakah terbayang jika kita harus memeriksa status 100 link atau bahkan 1000 link ? Hmm.. pasti melelahkan bukan. Nah untuk mengatasi hal ini, saya menggunakan add on yang bernama Search Status. Untuk penggunaanya pun sangat mudah, dengan sedikit pengaturan Search Status akan memberi warna biru pada sebuah link beratribut do follow sedangkan link no follow berwarna merah. Tentunya hal ini akan menghemat waktu Anda dan SEO Anda jadi lebih mudah. Untuk Anda yang berminat silahkan mendownloadnya di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/downloads/latest/321/addon-321-latest.xpi?src=oftenusedwith

  • SEO QUAKE (Tentukan Kwalitasnya
    )
  • Masih berkenaan dengan backlink, setelah memeriksa status sebuah link, tentunya perburuan link do follow tidak harus berhenti sampai disitu karena link do follow berkwalitas yang baik tetap harus menjadi prioritas. Dalam hal ini, link dengan kwalitas yang baik adalah link yang bersumber dari sebuah halaman maupun home page yang mempunyai Page Rank tingi. Page Rank Google dipresentasikan dengan angka 0 sampai 10, dimana semakin besar nilai yang dipresentasikan maka akan semakin baik.

    Fungsi add on SEO QUAKE dalam kegiatan ini adalah guna mengetahui nilai yang didapat dari sebuah website sampai ke akarnya (seluruh halaman pada website tersebut). Cara mudah menggunakan SEO QUAKE dalam kegiatan SEO adalah dengan cara membuka satu persatu halaman yang ada website tersebut, maka SEO QUAKE akan menampilkan Page Rank untuk setiap halaman yang dibuka. Jangan juga tertipu oleh Page Rank untuk home page dari sebuah website karena pada pengalaman saya, banyak page rank website yang pada home pagenya lebih rendah dibanding page rank halaman lain dari website tersebut. Bahkan setiap halaman pun akan berbeda page ranknya.

    Lebih enaknya lagi SEO QUAKE mampu menampilkan page rank dari home page maupun halaman-halaman website tertentu dalam waktu bersamaan (sekaligus ditampilkan). Caranya pun mudah, kita tinggal mengetikan url website yang akan kita periksa pada kolom pencarian pada search engine. Dibawah ini adalah screenShot SERP google.com dengan add on Mozilla Firefox.belajar seoPada screenshot diatas terlihat page rank untuk masing-masing halaman, nah untuk mendapatkan backlink dari halaman yang Anda inginkan silahkan klik pada link yang diatasnya. Untuk versi terakhir saat artikel ini dibuat anda bisa mendownload SEO QUAKE di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/downloads/latest/3036/addon-3036-latest.xpi?src=addondetail