iklan

Mengatasi Cache Web / Blog yang Hilang di SERP Google

Solusi mengembalikan cache web / blog. Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa kehilangan cache web/blog di halaman hasil pencarian atau SERP google menandakan bahwa web/blog tersebut tidak sehat. Dan bisa jadi kekuatan untuk bertarung menjadi jawara google akan mengalami hambatan dalam kaitannya dengan SEO. Apalagi kata kunci (keyword) yang dibidik merupakan kata kunci dengan persaingan ketat.

Tidak ada gunanya memang merisaukan sehat atau tidaknya blog milik yang kita miliki, tetapi juga tidak akan ada larangan seandainya kita bisa mengatasi jika memang kehilangan cache google menjadi masalah ke depannya. Sebuah solusi yang saya temukan untuk mengembalikan cache blog di google ternyata memang manjur sekali saat blog ini kehilangan cachenya

SEO Cache Google

Untuk mengembalikan cache blog yang hilang di halaman hasil pencarian (SERP) saya hanya memverifikasi ulang di Google Web Master dengan meletakan meta tag pada header blog. Ternyata langkah ini memang solusi tepat dalam usaha saya mengembalikan cache blog.
Sebuah langkah yang mudah namun tidak sedikit seorang webmaster atau admin situs termauk blog didalamnya melupakan meta verifikasi dari GWM. Dan akhirnya meta ini terlupa dipasang pada struktur source code pada web/blog yang bersangkutan

Beberapa hal yang dialami blog ini saat kehilangan cache :

  1. Penurunan posisi di SERP untuk keyword tertarget, yang biasanya kokoh di posisi 1- 2 tetapi saat cache hilang posisi terlempar ke 11-12.
  2. Alexa rank sulit beranjak bahkan cenderung menurun walau visitor stabil.
  3. Dan pada akhirnya visitor benar-benar turun drastis.
Dari kejadian tersebut, saya menyimpulkan keberadaan cache sangat penting. Maka, jangan lupa simpan aneka meta tag wajib yang anda miliki tidak lenyap saat Anda berganti template. Itu dari saya cara mengembalikan cache yang hilang di SERP, bisa saja Anda punya kesimpulan atau pengetahuan lain. Silahkan berbagi.

5 comments

Alfi delete Minggu, 24 Maret, 2013

siipp..info yang bermamfaat
http://alfijadul.blogspot.com

seribuji delete Selasa, 22 Juli, 2014

kok nda ada cara untuk mengembalikan artikel yang hilang di serp yah,tolong dong

AFNA delete Rabu, 10 September, 2014

Kalo sering mengganti meta kira2 apa ya nanti dampaknya?. Ada yang pernah mengalami ga

HARID delete Senin, 27 Oktober, 2014

Ada banyak faktornya..jadi harus diperiksa dahulu..

HARID delete Senin, 27 Oktober, 2014

Meta apa yang dimaksud.. karena ada banyak meta pada web/blog..